Minggu, 15 Januari 2017

Tipe Penjual dan Pembeli Olshop (Online Shop) Part I

Haii, gaes. Ketemu lagi niiih hehe. Btw saya mau cerita pengalaman saya nih, saya tuh dari SD udah memiliki jiwa entrepreneur (wirausaha) nih hehe. Mulai dari jualan isi binder, stiker, pulsa, dan terakhir saya jualan kerudung secara online.
Saya sebagai owner (pemiliki) udah pernah nih ngerasain macem-macem customer (pembeli) mulai yang baiiik sampai yang agak ruwet :’) saya juga sering beli-beli di online, saya sebagai customer juga pernah merasakan macem-macem owner, mulai yang cuek sampai baiiik hati.
Oya sebelum baca ada kamus ONLINE SHOP nya nih : 
Keep : disimpan
Trf : transfer
Ready : tersedia
Order : pesan

Kuy laaah mengenal macem-macem owner dan customer! Check it!
(NB : kalau gambarnya kurang jelas, bisa di klik aja gambarnya :D)
[CUSTOMER]
1. yang ngga banyak tanya
(idaman semua penjual nih, yang langsung cus, tanpa babibu langsung pesen)

2. yang banyak tanya
(ini dia udah banyak nanya, pasti ujung-ujungnya cari yang gak ada -_-)

3. yang baik
(ini juga idaman banget bagi penjual, tapi kadang terkesan alay karena pake emoticon di setiap chatnya :') )

4. yang cuek
(ini biasa aja sih bagi penjual, kadang penjualnya juga cuek banget wkwk)

5. yang ruwet

(ini kadang tanya-tanya yang gak penting sama penjualnya, ujung-ujungnya gak jadi beli -_- )

6. yang bingungan
(ini orangnya khawatiran bgt, takut kenapa-napa sama barangnya :') kadang ngeselin wk )

7. yang pesen terus lari (Hit and Run)
(ini dia yang sering bgt terjadi di kalangan penjual, jadi udah pesen udah milih, tinggal tunggu transferan pembeli. Eh malah gak ada kabar -_- padahal barangnya udah di sisihin biar gak kebeli sama yang lain, ternyata </3 )

8. yang gak sabaran
(ini juga ngeselin banget, udah dikasih tau batas transferannya tapi dia gak mau tau -_- )

9. yang suka complain
(no comment :') )

10. yang suka curhat
(order sekalian curhat, temennya mana kak? oh ya kalo pas butuh aja ya dateng ke kakak :') )

11. yang gak jadi beli
(terkadang kita pingin beli barang online, terlanjut ngechat ternyata duit kita menipis....batal aja deh. FYI : gagal order tapi bilang derajatnya lebih tingi daripada HIT and RUN :') seenggaknya ngasih kita kabar wkwk )

12. yang langsung borong
(biasanya horang kayaaah atau reseller (dijual lagi) )

13. yang banyak tanya gakjadi beli
(ini dia udah kita jawa semua kekepoannya tapi dia gak jadi beli, huh! )

14. yang galau
(kadang minta pendapat sama penjual, kalo penjual mah milihin yang paling mahal :p)

15. yang mengancam

(berbakat menjadi preman atau pemalak nih :') )

16. yang minta diskon
(ini mungkin kalo diskon 500 rupiah gapapa yaa, tapi kadang gak tanggung-tanggung kalo minta diskon :') )

17. yang sabar
( idaman para penjual,yang ngertiin :D )

18. yang suka endorse
(biasanya pembeli sedang mengejar 'hits' dengan harapan fotonya dia di repost sama penjualnya)

19. yang perhatian
(ngalah-ngalahin pacar kalo perhatian wkwk)

20. yang marah-marah
(lagi PMS kali ya, cewe kalo lagi PMS kelar hidup lo!)

21. yang lagi usil
(biasanya suka goda-godain gitu, ada maunya tuh)

Okaaay jadi 21 tipe itu milik CUSTOMER yaaa, untuk yang OWNER? sabar yaaa, berlanjut ke part II :D
pembeli memang unik, biar bagaimanapun mereka tetap penting dalam kehidupan pedagang. Gak ada pembeli, Dagangnya ya gak laku :') tapi sebagai pembeli harus punya etika juga yaaa. Harus sabar juga karena ngga ngelayani kalian aja hehe. Tapi sebagai mantan pedagang pastilah berusaha tidak akan mengecewakan pelanggan tercintanya :D
Sekian dan tetap cintai produk INDONESIA yaaa, biar gak kalah tuh sama produk luar negeri. Nyatanya produk INDONESIA ngga kalah bagus kok sama produk luar negeri.


1 komentar:

  1. Numpang share info yaaaa... https://savey.xyz/id/perbelanjaan/black-friday-penawaran-terbaik/penawaran-black-friday-cyber-monday-asos/

    BalasHapus